Senin, 06 Juli 2015

Penyakit yang Sering Terjadi Saat Puasa

Penyakit yang Sering Terjadi Saat Puasa - Banyak sudah fakta tentang manfaat puasa bagi kesehatan. Manfaat itu akan didapatkan jika puasa dilakukan dengan cara yang benar. Jika tidak, akan menimbulkan penyakit.

Berikut adalah beberapa penyakit yang sering terjadia saat puasa:

Tekanan darah rendah
Gejalanya adalah keringat berlebihan, lemas, lesu, kurang tenaga, pusing, muka pucat, dan serasa akan pingsan. Untuk mengatasinya, perbanyak minum dan garam di malam hari dan memperbanyak istirahat di sore hari.

Kepala pusing

Pusing saat puasa disebabakan oleh kurang tidur dan rasa lapar karena tubuh belum mampu beradaptasi dengan pola puasa.

Diare atau sakit perut

Penyakit ini biasanya datang pada minggu pertama melakukan puasa Ramadhan akibat penerapan pola makan yang salah saat berbuka dan sahur. Solusinya adalah mengurangi makanan bersantan, berminyak, gorengan pedas, minuman manis serta minuman dingin.

Gula darah rendah

Gejala yang biasanya dirasakan adalah lemas, pusing, lelah, sulit berkonsentrasi, berkeringat dingin, gemetar dan kurang tenaga.

Sembelit
Ini adalah gejala sulit buang air besar yang biasanya disebabkan oleh kurang makanan berserat dan kurang minum. Obatnya adalah memakan makanan kaya serat dan banyak minum.

Perut kembung

Perut kembung diakibatkan oleh terlalu banyaknya memakan makanan yang berlemak dan bergas seperti telur, gubis, dan minuman bersoda.

Kram otot

Kram otot disebabkan minimnya asupan kalsium, magnesium, dan potasium. Cara mengatasinya adalah dengan makan makanan kaya mineral seperti pisang, apel dan buha-buahan lainnya.

Demikianlah beberapa penyakit yang sering terjadi saat puasa, semoga kita selalu diberikan kesehatan, dan bisa menjaga diri dari berbagai macam penyakit seperti di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar