Rabu, 24 Juni 2015

Cara Mencegah Gagal Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peranan yang sangat penting. Dengan adanya gangguan pada ginjal, pasti akan mempengaruhi sistem kerja tubuh dan pasti akan merasa kesulitan dalam melakukan aktivitas yang biasa dilakukan saat badan dalam keadaan sehat. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan kita, terutama kesehatan organ-organ tubuh yang sangat penting, seperti ginjal. Baiklah kali ini saya akan membahas tentang cara mencegah gagal ginjal. Harap disimak!.


Gagal ginjal adalah suatu penyakit yang mematikan dan perawatan pasiennya sangat mahal. Untuk itu pencegahan gagal ginjal harus dilakukan.

Berikut adalah beberapa cara mencegah gagal ginjal

Mengontrol tekanan darah

Cara mencegah gagal ginjal yang pertama adalah dengan cara mengontrol tekanan darah. Tekanan darah tinggi kronis merupakan salah satu penyebab paling umum terjadinya gagal ginjal akut pada laki-laki dan perempuan dewasa.

Berhenti merokok

Cara mencegah gagal ginjal berikutnya adalah dengan cara berhenti merokok. Asap rokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal.
Jika Anda berhenti merokok, selain dapat mencegah terjadinya gagal ginjal, juga dapt menurunkan tekanan darah tinggi.

Berhenti minum alkohol

Menghindari atau berhenti meminum alkohol dapat mengurangi ketegangan pada ginjal.
Minuman alkohol memaksa ginjal bekerja keras, sehingga menghindari alkohol dapat mencegah terjadinya gagal ginjal.


Banyak minum air putih

Meskipun ginjal sudah mengalami kerusakan, namun biasanya masih bisa memproses air putih. Cobalah minum air putih minimlah delapan gelas setiap hari.

Mengurangi makanan yang mengandung lemak

Lemak sendiri dianggap sebagai penyuplai penyakit kolesterol dalam tubuh dan dapat mempengaruhi ginjal karena darah yang meningkat.

Periksakan darah dan urin

Kunjungi dokter dan lakukan pemeriksaan darah dan urin secara rutin. Pemeriksaan ini akan melihat adanya masalah pada ginjal yang muncul meskipun tanda dan gejalanya belum nampak atau dirasakan.

Olahraga teratur

Lakukan olahraga secara rutin dan teratur. Olahraga teratur akan lebih berdampak positif bagi tubuh dibandingkan dengan olahraga berat namun tidak teratur.

Demikian lah beberapa cara mencegah gagal ginjal, semoga menjadi manfaat bagi yang membutuhkan. Jangan bosan untuk berkunjung ke blog saya ya!. Terima kasih telah berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar