Sabtu, 27 Juni 2015

Progesteron

Progesteron adalah hormon steroid yang dibuat oleh korpus luteum ovarium pada ovulasi, dan dalam jumlah yang lebih kecil oleh kelenjar adrenal. Progesteron memiliki repeatoar yang luar biasa dari pekerjaan penting dari menormalkan kadar gula darah dan memfasilitasi tindakan hormon tiroid untuk mengatur siklus menstruasi dan menjaga kehamilan yang sehat. Kelangsungan embrio dalam rahim benar-benar tergantung pada hormon penting ini.


Progesteron juga memiliki sifat menenangkan dan diuretik alami, dan meningkatkan efek positif dari estrogen, sekaligus mencegah maslah yang terkait dengan dominasi estrogen.
Progesteron memiliki 21 atom karbon, sementara estrogen yang hanya memiliki 19. Progetseron mengontrol dan memodifikasi pesan estrogen. Progetseron diproduksi oleh korpus lueum, kisat yang tinggal setelah telur dikeluarkan selama ovulasi.

Progestin adalah versi sintetis dari progetseron. Progestin memiliki bahan kimia yang mirip dengan progesteron. Senyawa ini berkaitan dengan reseptor progesteron dalam sel tetapi merela tidak dapat mengirimkan seluruh pesan. Mereka hanya mampu mengarahkan sel untuk melakukan jumlah terbatas pesan progesteron.

Fungsi Progesteron

  1. Meningkatkan dan mempertahankan kehamilan.
  2.  Meningkatkan fungsi tiroid.
  3. Antidepresan alami dan hormon anti-kecemasan.
  4. Meningkatkan libido (hasrat seksual).
  5. Mengurangi kontraksi rahim (kram). Baik untuk kram menstruasi.
  6. Penurunan reseptor estrogen.
  7. Meningkatkan pematangan sel alami.
  8. Menyusutnya multiplikasi sel yang disebabkan oleh estrogen.
  9. Meningkatkan kematian sel normal.
  10. Penurunan frekuensi seizurs.

Progesteron adalah hormon yang dikeluarkan oleh sistem reproduksi wanita yang berfungsi sebagai pengatur kondisi lapisan dalam (endometrium) rahim. Progetseron diproduksi oleh ovarium, plasenta, dan kelenjar adrenal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar