Selasa, 23 Juni 2015

Faktor Penyebab Darah Tinggi

Selamat datang di blog saya, semoga tidak bosan ya untuk membaca informasi yang saya bagikan. Kali ini saya akan membahas tentang faktor penyebab darah tinggi. Yuk disimak!!

Tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan istilah hipertensi adalah penyakit yang umumnya dialami oleh kebanyakan orang. Penyakit hipertensi dapat menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit serius lainnya seperti gagal ginjal, serangan jantung, dan stroke.


Tekanan darah tinggi adalah suatu penyakit di mana cairan darah dalam tubub menekan dinding arteri dengan sangat kuat hingga sampai menyebabkan masalah kesehatan pada manusia seperti terserang penyakit jantung hingga stroke. Tekanan darah dikatakan meningkat jika darah yang dipompa jantung dalam jumlah yang banyak sehingga menyebabkan arteri mengalami tekanan. Selain itu, usia juga menjadi salah satu faktor yang memicu timbulnya penyakit hipertensi.

Beberapa faktor menjadi pengaruh pada penyakit hipertensi diantaranya kebiasaan merokok, sejarah kesehatan keluarga, usia, obesitas, aktivitas fisik dan juga karena alkohol. Baiklah kita bahas beberapa faktor penyebab darah tinggi ini secara lebih rinci.

Faktor Usia

Faktor usia menjadi salah satu penyebab darah tinggi, semakin bertambahnya usia seseorang akan mengurangi elastisitas pembuluh darah sehingga tekanan darah di dalam tubuh orang yang sudah lanjut usia akan mengalami kenaikan dan bisa melebihi batas normalnya.

Pola Makan

Pola makan yang buruk meupakan salah satu penyebab orang terkena penyakit darah tinggi, jika seseorang sering sekali mengkonsumsi makanan-makanan yang mempunyai kadar lemak tinggi dia akan berisiko terkena penyakit hipertensi. Makanan yang tinggi akan membuat penyumbatan di pembuluh darah sehingga tekanan darah akan menjadi naik dan menyebabkan penyakit hipetensi.

Faktor Keturunan

Orang tua yang mempunyai penyakit darah tinggi atau hipertensi ada kemungkinan bisa menurunkannya kepada anaknya, jadi jika orang tua Anda mengalami hipertensi sebaiknya Anda waspada karena Anda juga bisa terkena penyakit tersebut.

Stress

Faktor penyebab darah tinggi lainnya adalah stress, orang yang sering stress biasanya tekanan darahnya akan naik. Jika orang sedang stress hormon adrenalinnya akan menjadi meningkat lebih jauh sehingga akan menyebabkan tekanan darah di dalam tubuh menjadi naik.

Faktor Jenis Kelamin

Pria yang berusia 45 tahun lebih berisiko terkena penyakit darah tinggi dibandingkan dengan wanita, sedangkan wanita yang berusia di atas 65 tahun lebih berisiko terkena penyakit darah tinggi.

Alkohol

Minuman beralkohol sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, jika Anda sering mengkonsumsi minuman beralkohol sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan buruk Anda bahkan harus menghentikannnya. Minuman beralkohol akan meningkatkan kadar trigliserida dalam darah, trigliserida adalah kolseterol jahat yang bisa menyebabkan tekanan darah menjadi naik secara drastis.

Demikianlah beberapa faktor penyebab darah tinggi. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar