Rabu, 24 Juni 2015

Manfaat Tidur Cukup Setiap Malam

Manfaat Tidur Cukup Setiap Malam - Tidur adalah aktivitas alamiah dari kehidupan kita. Semua orang butuh tidur, tentu saja kualitas tidur malam yang baik. Tidur yang cukup membuat kesehatan terjaga dengan baik mengembalikan mood dan menghindarkan diri dari kantung mata hitam dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Tidur dengan cukup merupakan suatu hal yang penting dalam menerapkan gaya hidup sehat dan bisa bermanfaat untuk jantung Anda, berat badan, pikiran dan masih banyak lagi manfaat tidur malam lainnya. 



Berikut adalah beberapa manfaat tidur cukup setiap malam

Tidur dapat mencegah kanker

Orang yang bekerja malam akan lebih berisiko tekena kanker payudara dan kanker usus besar. Hal ini dikarenakan perbedaan melatonin terhadapa orang yang terpapar cahaya pada malam hari. Paparan cahaya mengurangi kadar melatonin, yaitu hormon yang memuat kita bisa merasa ngantuk dan dapat menjaga tubuh dari kanker.

Tidur dapat mencegah peradangan

Peradangan adalah kondisi yang sangat terkait dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, dan penuaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur memiliki risiko yang lebih besar untuk menderita peradangan.

Tidur menjaga kesehatan jantung

Serangan jantung dan stroke sering kali terjadi selama jam-jam pagi atau subuh. Fakta ini dapat dijelaskan oleh cara kita tidur berinteraksi dengan kinerja pembuluh darah kita. Tidur yang kurang telah dihubungkan dengan memburuknya tekanan darah dan kolesterol, dan semua ini menyebabkan risiko terhadap penyakit stroke dan jantung. Jantung Anda akan lebih sehat jika tidur diantara 7-9 jam per malam.

Tidur dapat menurunkan berat badan

Penelitian menunjukan bahwa orang yang tidru kurang dari 7 jam per malam akan lebih gampang terkena kegemukan dan obesitas. Hal ini didasarkan karena jika kurang tidur maka akan mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh yang akan mempengaruhi nafsu makan.

Tidur dapat mengurangi stres

Ketika tubuh Anda kurang tidur, hal itu akan memancing stres. Fungsi tubuh akan berada pada kondisi sangat waspada yang akan menimbulkan kenaikan darah dan pelepasan hormon stres. Tekanan darah yang tinggi akan meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Memperlancar produksi hormon

Fungsi tidur salah satunya masa dimana hormon yang diproduksi oleh tubuh cepat didistribusikan ke selurauh tubuh. Misalnya hormon pertumbuhan bekerja pada malam hari ketika si anak sedang tidur pulas. Hormon pertumbuhan merangsang sel-sel tulang untuk membangun jaringan agar tumbuh lebih besar.

Tidak mudah sakit

Tidur membantu manusia membangun imunitas tubuh secara alami. Tidur yang teratur tak mudah terserang penyakit ringan maupun berat. Kekebalan tubuh dibentuk sempurna melalui asupan makanan yang mengandung gizi dan istirahat yang cukup.

Regenerasi sel

Selama tidur sel-sel tubuh mengalami regenerasi, sel yang rusak menjadi baru lagi selama tidur. Oleh karena itu orang yang sedang sakit dianjurkan untuk banyak tidur dan istirahat, agar proses pemulihan sel yang rusak lebih baik dan mempercepat kesembuhan.

Demikianlah beberapa manfaat tidur cukup setiap malam. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar